PENGERTIAN BOOTLOOP



Apa kabar kawan kawan semua,semoga kabar baik semuanya ya...

Malam ini saya mau membahas tentang apa itu Bootloop yang sebelumnya saya juga sudah membahas tentang Root pada Android,Ponsel android sekarang hampir 60% penggunanya di seluruh dunia,jadi kawan kawan juga harus tau pengertian dari Bootloop,Bootloop bisa terjadi pada Komputer,Android dan IOS pada APPLE,tapi kali ini saya membahas tentang Bootloop pada Android dulu.




Apa itu Bootloop?
Bootloop adalah adanya masalah pada Android dimana tidak masuk melakukan startup sehingga tidak masuk ke menu home/home screen,akan tetapi kembali ke state awal seperti kawan kawan baru menghidupkan ponsel/smartphone,hal tersebut terjadi terus menerus yang mengakibatkan tidak bisanya menggunakan smartphone kalian,saya menyarankan untuk tetap tenang dan tidak gegabah,banyak kasus Bootloop pada Android dan cara mengatasi Bootloop yang satu dengan yang lainya berbeda,yang terpenting untuk mengetahui penyebab Bootloop pada Android kalian supaya bisa mengatasi dengan benar.

Kadang kita bingung dan gegabah dalam mengambil tindakan untuk mengatasi Android yang sedang bermasalah,mungkin dalam kondisi panik membuat kita akan langsung mencari cara untuk mengatasi Bootloop pada Android dan tanpa berpikir panjang langsung mempraktekan cara tersebut tanpa memperhatikan penyebab dan jenis ponsel Android yang digunakan,belum tentu cara tersebut sesuai dengan jenis dan type Android yang kalian gunakan,bahkan sangat beresiko dan memperburuk masalah kerusakan pada Android kalian.

Bootloop pada Android di bagi 3 kategori;

Android Light Bootloop. Ini merupakan bootloop yang paling mudah diatasi penyebabnya. Light loop ini biasanya terjadi karena pada penggunaan ponsel android dalam keadaan pemakaian normal, melakukan install aplikasi, bermain game namun tiba-tiba saja saat restart dan dinyalakan android bootloop hanya berhenti di logo, dan kita yakin tidak meng-operk android apalagi sampai masuk kedalam system merubah file maupun recovery mode pada android.

Cara mengatasinya: biasanya hal ini bisa langsung diatasi dengan mencabut baterai dari smartphone lalu pasang dan aktifkan kembali. Tetapi untuk perangkat seperti tablet agak sulit karena baterai terhubung dengan perangkat dengan cara disolder sehingga harus melepas timah terlebih dahulu.

Android Medium Bootloop. Medium bootloop terjadi karena pengguna mencoba mengutak-atik ponsel android miliknya. Medium bootloop masuk kedalam kerusakan tingkat menengah karena android  masih bisa dinyalakan masih bisa masuk kedalam recovery mode.

Cara mengatasinya: Untuk mengatasi bootloop tingkat ini dibutuhkan pc windows dan file recovery image untuk restore boot image baik yang original dan juga CWM. cara tersebut bisa dilakukan apabila sudah pernah melakukan backup sebelumnya, bagi yang belum melakukan backup maka memerlukan file recovery dari pengguna lain dengan type android yang sama.
Android Hard Bootloop. Hard bootloop atau lebih tepatnya hardbrick (baca android bricked) adalah tingkatan bootloop yang paling berbahaya karena kita melakukan modifikasi file os android sehingga tidak bisa booting ponsel android kita dan yang muncul hanya logo android. Biasanya terjadi pada pengguna yang sudah melakukkan rooting dan melakukan modifikasi script misalnya mengubah font android, mengubah partisi external/micro sd, menghapus aplikasi bawaan android yang merupakan bagian system dengan aplikasi titanium backup, salah melakukan instal custom rom, dan lain-lain. Untuk masuk ke recovery mode tidak akan bisa pada tingkatan hard bootloop android seperti ini.
Cara mengatasinya: kalian perlu software yang tepat dan cara flashing yang tepat juga karena setiap smartphone memiliki jenis hardware yang berbeda-beda. cara flashing juga bergantung berdasarkan jenis chipset yang digunakan pada Android.


Demikianlah kawan kawan sedikit ulasan tentang apa itu Bootloop pada Android.



0 Response to "PENGERTIAN BOOTLOOP"

Post a Comment

Artikel Terkait

wdcfawqafwef