PENGERTIAN ROOT DI ANDROID



Selamat malam kawan-kawan.....

hari ini saya ingin membahas apa itu Root pada android?
mungkin dari kawan-kawan sudah banyak yang tau apa itu Root Android,untuk yang newbie baru pakai Android mungkin masih bertanya-tanya apa itu Root pada Android,tapi gak pa pa kita berbagi ilmu,saya pun juga masih belajar jadi kita bersama sama belajar Ok Lanjut..




Root:
Root adalah User Account di Linux (Android dikembangkan berbasis Linux) yang memiliki segala akses. Root user dapat meng-edit apapun di system. Demi alasan keamanan, user biasa tidak memiliki semua akses di system. Saat Anda melakukan rooting di Samsung Galaxy S4 maka Anda akan mendapatkan akses untuk membaca dan menulis di system dimana sebelumnya tidak dimiliki dan kita juga dimungkinkan untuk menjalankan beberapa perintah didalam Terminal.
Jadi, root itu fungsinya untuk mengambil alih akses ke semua partisi, mengerti ? Contoh aplikasi yang pake Root itu Titanium Backup, fungsinya yaitu untuk Backup dan Restore aplikasi. Kenapa butuh Root ? Karena program ini membaca dan menulis pastisi /system lebih lengkapnya /system/app (Tempat dimana program dari system berada, contoh: Kies, S Note, dll) partisi yang bisa diakses itu banyak, contohnya /system , /data , /cache , dll. Pokoknya semua file/folder. FYI, Internal Memory itu ada di /storage/sdcard/0 dan External Memory ada di /storage/extSdCard. Ada yang bilang kalau di root nanti jadi tidak ngelag, persepsi ini sepenuhnya SALAH ! Karena seperti yang dibilang sebelumnya, Root hanya memberikan akses ke semua partisi. Sudah, itu saja !. Jadi tidak ada pengaruhnya sama sekali ke performa. TAPI, Root bisa memberikan kita potensi untuk meningkatkan performa, contoh: Menghapus aplikasi bawaan yang dirasa tidak perlu. Semakin sedikit aplikasi, Ram semakin free, CPU semakin sedikit kerjanya, performanya semakin bagus.



Nah kawan kawan sudah tau kan pengertian Root pada Android.

sekarang saya mau  jelaskan apa kelebihan dan kekurangan melakukan rooting pada Android:

Kelebihan jika melakukan Rooting;
  1. Akses tidak terbatas dalam sistem operasi Android.
  2. Dapat menghapus aplikasi bawaan Vendor yang tidak di inginkan oleh pengguna.
  3. Dapat melakukan backup aplikasi dan sistem sehingga keyka pengguna ingin melakukan instal ulang atau reset factory,pengguna sudah tidak perlu lagi mencari dan mengunduh lagi.
  4. Dapat merubah tampilan melalui instalasi ROM atau bahkan memutakhirkan ke versi yang lebih tinggi yang tidak di rilis oleh Vendor.
  5. Dapat melakukan Overclock sehingga kinerja perangkat Android jadi lebih cepat/tidak lemot.
Kekurangan jika melakukan Rooting:

    Menghapus garansi dari pabrik.



Demikianlah sedikit ulasan dari saya  tentang apa itu Root pada Android.

Semoga bermanfaat untuk kawan kawan semua.
Sampai juga lagi di topik yang berbeda.


0 Response to "PENGERTIAN ROOT DI ANDROID"

Post a Comment

Artikel Terkait

wdcfawqafwef